Edukasi Bahan Bangunan, Pencampuran Cat Dinding Dan Atap Rumah

Rumah merupakan tempat tinggal yang  dapat memberikan rasa kenyamanan, keamanan dan ketenangan bagi pemilik rumah tersebut. Oleh karenanya dalam pembuatannya, rumah harus memiliki karakteristik perpaduan khusus yang dapat membuat si Pemilik rumah tetap merasa tenang dan aman dirumahnya.

Pemilihan warna dinding merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi ketenangan pemilik rumah, sekaligus ketenangan merupakan faktor yang sangat penting dalam memperindah tampilan isi rumah. Dan pemilihan jenis atap merupakan salah satu faktor yang dapat membuat kenyamanan bagi seisi rumah, banyak sekali jenis atap yang ditemui mulai dari atas berbahan dasar tanah liat, keramik, metal, seng putih, seng plastik dsb.

Namun seringkali dijumpai perpaduan yang tidak sinkron antara warna dinding dan atap rumah, misal atap rumah berwarna coklat dalam rumah berwarna tosca. Hal ini menunjukkan ketidaksinkronan antara warna dalam dan warna luar rumah, oleh karenanya dibutuhkan edukasi dalam menggunakan campuran bahan cat rumah untuk bagian dalam dan atap rumah.

Adapun cara pencampuran warna cat dinding dan atap rumah agar terlihat menarik dan lebih cantik  adalah seperti :

  • Mengetahui kesesuaian warna dinding dan atap

Ketika membeli dari toko, tidak semua cat 100% sama warnanya dengan katalog, kadang hasilnya terlalu terang dan kadang terlalu gelap, oleh karenanya dibutuhkan pencampuran agar warna tersebut menjadi lebih dan konkrit dengan warna atap rumah dengan baik dengan cara : 

  • Perpaduan warna cat dinding yang berwarna gelap dengan atap memiliki warna gelap

Cara untuk membuat warna perpaduan antara cat tembok dinding yang memiliki warna gelap dengan atap rumah yang memiliki warna gelap adalah dengan penambahan cat berwarna putih. Banyaknya cat putih yang dibutuhkan tergantung pada seberapa gelap cat tembok dimiliki sebelumnya dan seberapa terang warna cat baru yang ingin dihasilkan.

Cat putih adalah salah satu cat yang mudah untuk didapatkan di manapun dan memiliki harga yang sangat minim / murah dibandingkan dengan warna cat yang lainnya sehingga menghemat pengeluaran. Adapun cara lain yang dapat dilakukan untuk membuat warna cat tembok menjafi lebih cerah adalah dengan penggunaan pencampuran warna warna pastel yang relevan dengan warna sebelumnya. Misal cat rumah berwarna navy ataupun biru elektrik, si pemilik rumah dapat menggunaka warna biru pastel sebagai campurannya.

  • Perpaduan warna cat dinding yang berwarna terang dengan atap yang memiliki warna terang

Cara untuk membuat warna perpaduan antara cat tembok dinding yang memiliki warna terang dengan atap rumah yang memiliki warna terang adalah dengan penambahan cat berwarna gelap, namun dalam pembuatannya dan penggunaanya warna gelap sangat sulit untuk dilakukan.

Untuk menghasilkan warna gelap tidak harus selalu cat yang berwatna hitam, namun dapat juga menggunakan warna yang sedikit hitam untuk menghasilkan warna pastel lebih gelap. Namun, jika si pemilik rumah menginginkan perubahan yang lebih mencolok, si pemilik rumah dapat bereksperimen dengan banyak warna lain.

  • Perpaduan warna yang  lebih pudar

Untuk membuat warna cat agar terlihat lebih pudar tidak sekadar membutuhkan warna dasar, tetapi si pemilik rumah perlu menggunakan warna cat yang berseberangan. Contohnya, ketika si pemilik rumah ingin memudarkan warna kuning cerah menyala, maka Ia perlu mencampurnya dengan warna ungu. Hasil campuran warna akan menghasilkan warna cat yang lebih “tenang”.

  • Perpaduan warna untuk menghasilkan aksen warna cat

Warna cat tidak hanya sekadar biru, hijau, kuning, maupun abu-abu. Terdapat banyak variasi warna cat yang bisa dapat pilih. Misalnya, penggunaan warna hijau dengan aksen warna biru yang juga biasa yang dapat memghasil warna baru yang biasa disebut teal atau turquoise, warna abu-abu dengan sedikit aksen warna ungu, dan sebagainya. Warna-warna seperti ini biasanya dibanderol dengan kisaran harga yang lebih mahal dengan warna-warna dasar.

Jika si pemilik rumah ingin mendapatkan warna unik seperti ini, pemilik rumah bisa membuat warna sendiri dibandingkan membeli warna unik tersebut secara langsung agar hemat. Namun, mencampur warna sendiri untuk menghasilkan warna unik ini tidak semudah seperti menerangkan dan menggelapkan warna. 

Pemilik rumah harus banyak bereksperimen dengan berbagai warna sekaligus mempunyai pengetahuan dasar mengenai warna. Ketika sipemilik rumah sudah menemukan formula campuran warna cat yang tepat, maka Ia bisa mengaplikasikannya dalam kaleng cat tembok secara langsung. Namun, jangan lupa untuk mengaduk campuran cat dengan sempurna, bila tidak, warna asli dari campuran warna cat tersebut tidak bisa keluar dengan baik.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang Belanja
Scroll to Top