KRAN AIR VOLK BIMA-06 CHROME

Nomenklatur Kran Air Di Katalog

Nomenklatur Kran Air atau Penamaan Keran Air di katalog yang diterbitkan oleh prinsipal kerap menggunakan istilah asing. Selain karena lebih keren, mungkin juga karena tidak ada padanan kata yang sesuai dalam Bahasa Indonesia. Tetapi berikut penjelasannya menurut pemahaman dan materi yang admin himpun:

Britania Raya

Mengenai istilah asing kita tak bisa lepas dari negara asal istilah itu datang. Diawali dari Britania Raya, istilah “Tap” digunakan di Inggris dan sebagian besar Persemakmuran untuk menggambarkan semua jenis katup sehari-hari, Baik berupa Kran maupun berbentuk Valve. Tapi nomenklatur itu ditujukan terutama untuk alat kelengkapan yang mengontrol pasokan air ke bak mandi dan bak cuci.

Amerika Serikat

Kemudian Amerika Serikat sehabis merdeka dari Inggris juga tidak mau kalah. AS membuat nomenklatur kran air sendiri dan berujung ke banyak istilah. Sebagai berikut:

Faucet adalah penamaan keran air yang paling umum di AS, serupa penggunaan untuk “Tap” dalam bahasa Inggris Britania Raya, mis. “Tap Water” (meskipun istilah “Tap” juga populer di AS).

Spigot yang berarti juga Keran, para profesional (seperti tukang ledeng) sering memakai istilah ini, dan biasanya mengacu pada perlengkapan luar ruangan.

Silcock atau Sillcock, juga punya arti sama yaitu Keran, namun mengacu pada istilah “Cock” (seperti dalam Stop Kran dll. Jadi simpel nya “Cock” adalah “Kran”) yang menembus ambang pondasi.

Bib (bibcock, dan hose bib atau hosebibb), biasanya merupakan versi tahan beku dari Keran-keran tersebut.
Keran dinding misalnya mereka menyebut “hosebibb”.

Sedangkan Tap versi Amerika Serikat umumnya mengacu pada penamaan kran air berpenampang bundar, meskipun juga sering mengacu pada keran yang memasok air panas atau dingin ataupun tidak tidak ada spesifikasinya. Ini juga muncul sebagai deskripsi dalam “Tap Water” air ledeng atau air PDAM yang bisa langsung untuk minum. Lebih jauh mengenai air ledeng di AS, di tempat umum atau di toilet komersial Keran Suhu Tunggal biasanya terpasang. Kelebihan keran ini adalah yang mana suhu air akan terkontrol oleh katup pengatur suhu terpisah dari reservoir PDAM yang mencampur air panas dan dingin. Tapi terkadang katup pengatur mungkin berada di bawah wastafel cuci tangan atau di ruang mekanis atau lemari servis yang terpisah. Kran Air tunggal (Tap) ini sangat tahan terhadap kerusakan karena penggunaan yang serampangan ataupun karena vandalisme orang-orang yang tak bertanggung jawab

(Sumber Adaptasi: Wikipedia dan lain-lain)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang Belanja
Scroll to Top