5 Langkah Pembuatan Keramik Simplified Artikel

Langkah Pembuatan Keramik Simplified

Langkah Pembuatan Keramik Simplified. Di artikel ini Sahabat Indo Material akan mimin ajak untuk mengikuti proses  atau langkah pembuatan Keramik Lantai, juga Dinding dalam pemaparan yang mimin usahakan tidak njelimet. Berikut adalah langkah-langkahnya kak 🙂

Langkah 1 Penyiapan Bahan Baku

Prosesnya bermula dengan pengumpulan bahan baku yang merupakan kombinasi atau camopuran dari berbagai bahan baku yang sebagian besar terdiri dari tanah liat dan bahan mineral lainnya.

Langkah 2 Pengolahan Campuran Bahan Baku Menjadi Pasir Halus.

Campuran bahan baku di langkah 1 tadi melalui proses menjadi pasir halus atau lebih mendekati bubuk semi halus. .Proses pada Langkah 2 ini menambahkan air untuk membentuknya menjadi bubur basah dan berkarakter seperti lumpur. Selanjutnya bubur menuju ke pengering besar yang hasilnya menjadi bubuk halus yang terasa seperti pasir halus dengan kondisi hangat.

Langkah 3 Membentuk Keramik.

Pada tahap ini bubuk halus tersebut (dalam bentuk adonan basah) dipress menjadi bentuk yang sesuai spesifikasi. Bentuk Keramik (Selanjutnya penyebutannya adalah “Ubin”) tersebut pada tahapan ini bernama “Ubin Hijau” atau setengah jadi.

Untuk catatan, selain metode pressing atau menekan, ada juga metode lain yang bernama ekstrusi. Ekstrusi adalah proses dengan memaksa bahan melalui cetakan untuk bentuk jadi.

Namun, metode pressing atau menekan adalah metode yang lebih umum saat ini. Dan setelah ubin hijau terbentuk, selanjutnya melalui proses pengeringan untuk menghilangkan kadar kelembapannya.

Langkah 4 Fase Glasir.

Langkah ini adalah langkah lanjutan dalam proses pembuatan ubin yang akan memiliki glasir pada bagian permukaan atsnya.

Akan tetapi bila ubin atau keramik ini memang memiliki spesifikasi Non-Glasir, maka ubin ini akan melewatkan langkah ini dan langsung menuju proses pada tungku pembakaran.

Kembali ke proses Langkah 4, cairan glasir adalah cairan terbuat dari turunan kaca yang bernama Frit dan dengan penambahan pewarna. Proses Glasir berwarna ini adalah dengan menyemprot ubin hijau dengan semprotan bertekanan tinggi. Ataupun bisa juga menuangkan langsung ke permukaan atas ubin hijau.

Langkah 5 Pembakaran Bersuhu Tinggi.

Pada langkah ini Ubin Hijau yang sudah terglasir ataupun non-glasir (selanjutnya penyebutannya jadi “Keramik”) akan dibakar di tungku pada suhu sekitar 2000 derajat Fahrenheit atau sekitar 1093 derajat Celcius.
Keramik yang sudah melalui sekali pembakaran setelah fase glasir disebut Keramik Pembakaran Tunggal.
Jenis lainnya adalah Keramik Pembakaran Ganda. Jenis keramik ini mengalami dua kali pembakaran suhu tinggi yaitu pertamanya pada saat setelah ubin hijau baru dikeringkan dan kedua saat setelah proses pemberian glasir.

Demikian Langkah Pembuatan Keramik Simplified. Semoga bisa menjadi sedikit tambahan pengetahuan untuk Sahabat Indo Material semua.

 

Adaptasi dari artikel: “Tile – How It’s Made”
” https://www.grigsbys.com/tilehowitsmade “

 

Terkait:

Langkah Pembuatan Keramik, Tahapan Pembuatan Keramik, Proses Pembuatan Keramik, Pembuatan Keramik Sederhana, Fabrikasi Ubin Keramik, Jenis-jenis Keramik, Harga keramik Lantai, Cara Memasang Keramik, Jual Keramik Dinding, Keramik Terbaik, Jual Keramik Murah, Proses sederhana buat Keramik, Material Penutup Lantai

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang Belanja
Scroll to Top