Besi Ulir Dalam Struktur Beton: Pengantar dan Kelebihannya

Besi Ulir Dalam Struktur Beton dan Kelebihannya

Besi Ulir Dalam Struktur Beton dan Kelebihannya

Besi Tulangan Beton atau lebih sering disebut Besi Beton saja sangat penting dalam proyek konstruksi, terutama bila proyek tersebut menggunakan beton untuk membangun strukturnya. Struktur beton murni sekalipun tanpa tulangan sudah merupakan struktur yang kuat, tetapi lemah dalam kekuatan tarik. Sehingga bila mendapatkan tekanan melintang dari penampang utama akan mudah retak. Untuk mengatasi kelemahan ini Engineer menggunakan besi tulangan dengan komponen utama baja dan karbon sebagai penanggung beban tarik dari suatu struktur beton. Diantara beragam jenis besi tulangan beton, Besi Ulir merupakan jenis yang terbaik untuk aplikasi tulangan beton dalam menanggung beban tarik suatu struktur beton. Besi ulir memiliki sirip-sirip atau pola ulir yang membuatnya lebih kuat dalam mengikat dan menyatukan beton dari dalam. Hal ini berkontribusi terhadap kekuatan suatu struktur beton secara keseluruhan.

Kelebihan Besi Ulir

Adapun besi ulir juga memiliki kelebihan dari besi baja struktur jenis yang lain. Hal ini membuat besi ulir sangat banyak dan luas pengaplikasiannya dalam proyek konstruksi. Beberapa kelebihan Besi Ulir sebagai berikut:

  • Rasio karbon dan komposisi baja secara keseluruhan cukup rendah, sehingga memunculkan salah satu ciri sifat besi ulir yaitu Daktilitas yang tinggi. Kelebihan ini menciptakan struktur beton bertulang yang tahan bencana alam. seperti gempa dan tsunami.
  • Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa besi ulir kuat mengikat dan menyatukan beton dari dalam, maka struktur beton yang mengaplikasikan besi ulir sebagai tulangan akan memiliki flexibilitas dan kekuatan tarik yang tidak ada di konstruksi beton tanpa tulangan besi ulir.
  • Karena kandungan karbon cukup rendah pada besi ulir, maka besi baja tulangan tipe ini berpotensi untuk aplikasi Las. Sehingga dalam fase perakitan tulangan atau penulangan struktur, besi ulir dapat menyatu dengan mudah antara satu dengan lainnya dengan metode las.
  • Tulangan Deformasi atau Besi ulir ini memiliki cakupan aplikasi yang sangat luas. Mereka terserap untuk penggunan di struktur bangunan perumahan atau komersial, untuk membangun industri dan pabrik, berbagai jenis jembatan, dan sebagainya.
  • Seperti juga besi polos, besi ulir juga memiliki sifat kelenturan tinggi yang membuatnya dapat untuk penggunaan sebagai tulangan yang menanggung beban tekan maupun (tentu saja) beban tarik dalam suatu struktur beton bertulang. Bahkan juga pengaplikasian untuk tulangan yang menanggung beban torsi atau puntir.
  • Sifat kelenturan juga membuat besi ulir (selain juga besi polos) mudah terbentuk dengan membengkokkan atau meluruskan, mengikuti desain struktur betonnya. Hal ini bisa tercapai tanpa khawatir adanya pengurangan secara signifikan terhadap kekuatan besi ulir tersebut.

Setelah paparan singkat kelebihan Besi Ulir, kita semakin memahami mengapa pengaplikasian besi ulir pada berbagai industri konstruksi sangat luas. Pada kesempatan berbeda admin akan membahas material lainnya baik terkait struktur maupun non struktur.

 

Adaptasi dari tulisan-tulisan di hamasteel.com &
jurnal-jurnal bebas terkait Structural Engineering

besi beton, struktur beton bertulang, keunggulan besi ulir, kekuatan beton, baja tulangan, kuat tarik beton, kuat tekan, reinforced concrete, deformed bars, teknik sipil, beton gedung, besi ulir sni hij, tugas beton, tulangan tarik, tulangan sengkang, kandungan baja besi ulir, keretakan beton

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang Belanja
Scroll to Top