Membangun Sendiri Rumah Tinggal Part 2 01

Membangun Sendiri Rumah Tinggal Part #2

Membangun Sendiri Rumah Tinggal. Pada artikel sebelumnya dengan judul Membangun Rumah Tanpa Kontraktor Part 1 admin telah memaparkan tahapan-tahapan awalnya. Untuk sedikit me-Refresh, berikut adalah tahapan yang dibahas pada artikel sebelumnya adalah Mengukur/Survei Lahan, Menentukan Gambar Desain Rumah, Menghitung Perkiraan Biaya Dasar Pembangunan, dan Memutuskan Pelaksanaan Pembangunan. Lanjutan dari tahapan tadi adalah:

5. Menentukan Waktu Pelaksanaan Pembangunan.

Seyogyanya Waktu Pelaksanaan adalah salah satu penentu kelancaran pembangunan suatu proyek, tak terkecuali pembangunan rumah tinggal. Yang menjadi alasan adalah cuaca di Indonesia terutama musim hujan bisa memperlambat. Mulai dari pembelian material, pelaksanaan pekerjaan sipil, maupun finishing.

Untuk menghindari hambatan karena musim hujan Sahabat bisa merencanakan pelaksanaan mulai dari saat pekiraan musim hujan berakhir yaitu bulan-bulan setelah April. Misalnya bulan Mei, Juni atau Juli. Bila perkiraan durasi pembangunan rumah tinggal berlangsung selama 6 bulan maka bulan akhir pelaksanaan sedapat sebelum November. Sekalipun bulan tersebut sudah memasuki musim penghujan, tidak terlalu masalah karena normalnya proyek sudah masuk tahap finising didalam bangunan rumah. Yang perlu diproritaskan untuk dilaksanakan saat bukan musim hujan adalah pekerjaan utama Sipil mulai dari Pekerjaan Pondasi, Pengecoran Sloof, Pasangan Bata, dan seterusnya sampai Pekerjaan Atap.

Membangun Sendiri Rumah Tinggal Part 2 02

6. Pelaksanaan Pembangunan

Setelah menimbang dan menentukan waktu pelaksanaan pembangunan maka tahap selanjutnya adalah melaksanakannya. Sebagai tahapan utama  dari keseluruhan proses, maka pada fase ini Sahabat perlu memberi perhatian yang lebih. Dinamika dari proyek bisa sangat banyak dan bervariasi. Ketelitian dan pengetahuan dari Sahabat akan menentukan kelancaran pelaksanaan dan efektifitas biaya yang ada. Sekalipun demikian Sahabat tidak harus menunggui pelaksanaan sepanjang hari. Cukup 15-30 menit setiap harinya.

Pada proyek dengan skala yang lebih besar, biasanya menggunakan acuan Kurva S yang di buat pihak Konsultan atau Kontraktor sebelum pelaksanaan proyek. Kurva S tersebut berfungsi memantau keselarasan antara jadwal atau waktu pelaksanakan dengan realitas di lapangan. Pada proyek rumah tinggal yang Sahabat kerjakan tidak harus mengadopsi Kurva S, tapi cukup dengan menentukan jadwal secara manual. Dengan berdiskusi dengan tukang/mandor/aplikator untuk mengetahui kesangguapan mereka dan maka Sahabat bisa menuangkannya dalam jadwal pelaksanaan pekerjaan atau  menandainya di kalender.

7. Pengawasan Progress dan Kontrol Biaya

Tahapan Pengawasan Progress dan Kontrol Biaya ini adalah tahapan yang bersifat pararel dan berjalan bersamaan dengan tahapan 6 (Pelaksanaan Pembangunan).

Maksud dari Pengawasan Progress adalah melihat kesesuaian perkembangan penyelesaian pekerjaan dengan jadwal yang telah Sahabat rencanakan kaitannya dengan komitmen awal dari tukang atau mandornya. Selain untuk memantau perkembangan, pengawasan progress juga bermanfaat untuk menghitung jumlah upah yang harus di bayarkan. Tentunya jumlah upah tersebut harus sesuai dengan volume pekerjaan yang telah terselesaikan oleh tukang atau mandor terkait.

Sedangkan maksud dari Kontrol Biaya adalah supervisi terhadap jumlah biaya belanja material dan upah yang sudah Sahabat keluarkan terkait dengan berapa persen progress di lapangan. Hal yang perlu Sahabat Indo Material perhatikan dalam Kontrol Biaya ini adalah fluktuasi harga material yang sering terjadi sekarang ini. Pembengkakan biaya material bisa saja terjadi bila ada kenaikan harga material saat proyek sedang berjalan. Dalam skala proyek rumah tinggal, pembengkakan belanja material bisa terhindarkan bila Sahabat membeli dari awal material utama dan fluktuatif dan tak lupa menyediakan gudang penyimpanannya.

Demikian Sahabat Indo Material, tulisan admin tentang Membangun Sendiri Rumah Tinggal. Tujuh tahapan/tips telah admin paparkan di dua artikel bersambung. Semoga bisa membantu menguraikan dinamika dalam membangun rumah sendiri tanpa kontraktor. Dengan sedikit usaha tambahan, admin berharap Sahabat bisa mengefektifkan biaya yang ada, bisa membangun dengan kualitas dan tampilan rumah yang Sahabat idamkan.  Salam

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang Belanja
Scroll to Top