Asal Mula Shower Bidet

Asal Mula Shower Bidet

Asal Mula Shower Bidet

Asal Mula Shower Bidet. Shower Bidet (sering dengan sebutan Shower Toilet atau Shower Closet) adalah penyemprot air kloset. Yang membantu membersihkan bagian tubuh setelah buang air besar dan kecil. Berbeda dengan hanya Bidet yang menyatu dengan toilet, Shower Bidet harus dengan tangan. Pembersihan juga tidak secara otomatis, tapi dengan menekan tombol yang tersedia di gagang shower. Shower Bidet sangat umum di negara-negara di mana air dalah penting untuk pembersihan sehabis buang hajat. Shower Bidet adalah perlengkapan pipa yang terpasang sebagai unit terpisah di kamar mandi selain toilet, shower mandi dan wastafel.

Budaya dan Tradisi

Berdasar latar belakang budaya dan keyakinan, utamanya tentang kebersihan organ untuk buang hajat maka di negara-negara yang kuat pengaruh agamanya, mengharuskan menggunakan air sebagai media pembersih atau pencuci organ buang hajat. Populer mulai dari negara-negara eropa seperti Yunani dan Finlandia, kemudian negara-negara di Timur Tengah, Shower Bidet mulai terkenal.

Sejarah Bidet

Sedangkan Bidet sendiri merupakan penemuan pembuat furnitur Prancis di akhir abad ke-17, meskipun tidak ada tanggal pasti atau penemunya yang di ketahui. Referensi tertulis paling awal untuk bidet adalah pada tahun 1726 di Italia. Meskipun ada catatan Maria Carolina dari Austria, Ratu Napoli dan Sisilia, meminta bidet untuk kamar mandi pribadinya di Istana Kerajaan Caserta pada paruh kedua abad ke-18, bidet tidak tersebar luas di Italia sampai setelah Perang Dunia II.

Singkat cerita awal 1980-an bidet mulai di perkenalkan perusahaan elektronik dari Jepang, dengan nama-nama seperti Clean Sense, Galaxy, Infinity, Novita, dan lain-lain. Perangkat ini memiliki sambungan yang terhubung ke persediaan air toilet yang ada, dan dapat tergunakan di kamar mandi yang tidak memiliki ruang untuk bidet dan toilet terpisah. Sampai kemudian model Shower Bidet yang banyak kita temukan di pasaran saat ini.

Penggunaan dan Kesehatan

Kesehatan dan kebersihan pribadi bisa meningkat dan terpelihara lebih baik dan mudah bila  menggunakan kertas toilet dan Shower Bidet. Daripada hanya dengan penggunaan kertas toilet saja. Beberapa bentuk Bidet juga ada yang memancarkan air secara vertikal keatas menuju area vital. Wasir dan masalah kesehatan genital juga bisa terfasilitasi oleh penggunaan perlengkapan bidet ini. Tentunya Bidet atau Shower Bidet yang di gunakan untuk kebutuhan medis harus terjaga kebersihannya. Salah satunya dengan menggunakan disinfektan.

Aspek Lingkungan

Dari sudut pandang lingkungan, utamanya di Amerika Serikat, Shower Bidet dapat mengurangi kebutuhan akan kertas toilet. Mengingat bahwa penggunaan air rata-rata orang saat menggunakan Shower Bidet, jauh lebih sedikit  daripada air yang terpakai pabrik untuk membuat kertas toilet. Selain itu dengan berkurangnya penggunaan kertas toilet juga mengurangi penebangan pohon dan penggunaan kayu.

Perkembangannya

Shower Bidet menjadi semakin populer di kalangan orang tua dan penyandang cacat. Instalasi toilet dengan Shower Bidet memungkinkan orang lanjut usia atau orang dengan disabilitas menjadi lebih mandiri untuk buang hajat.

Perkembangan Awal

Bidet adalah perlengkapan kamar mandi umum di dunia Arab dan di negara-negara mayoritas Katolik, seperti Italia (pemasangan bidet di kamar mandi telah wajib sejak 1975), Spanyol dan Portugal. Penggunaan Bidet juga di temukan di Eropa Timur Selatan di negara-negara seperti Albania, Bosnia dan Herzegovina, Yunani dan Turki. Mereka juga sangat populer di beberapa negara Amerika Selatan, khususnya Argentina dan Uruguay. Toilet terintegrasi bidet elektronik, seringkali dengan fungsi seperti penghangat dudukan toilet, umumnya ada di Jepang, dan menjadi lebih populer di negara-negara Asia lainnya. Di Eropa utara, bidet malah tidak umum di gunakan terkecuali di Finlandia.

Tahun 80 an.

Pada tahun 1980, “toilet tanpa kertas” pertama rilis di Jepang oleh produsen Toto, kombinasi toilet dan bidet yang juga mengeringkan pengguna setelah dicuci. Kombinasi toilet-bidet (washlet) dengan penghangat kursi, atau bidet yang dapat di pasang terpisah ini sangat populer di Jepang dan Korea Selatan, dan ada di sekitar 76% rumah tangga Jepang pada tahun 2015. Mereka biasanya ada di hotel dan beberapa fasilitas umum. Toilet bidet ini, bersama dengan dudukan toilet dan unit Shower bidet dijual di banyak negara, termasuk Amerika Serikat.

Tahun 90 an dan Shower Bidet Elektronik

Setelah awal yang lambat pada 1990-an, Shower bidet elektronik mulai tersedia di Amerika Serikat. Popularitas unit bidet tambahan terus meningkat di Amerika Serikat, Kanada dan Inggris, sebagian karena kemampuannya untuk mengobati wasir atau infeksi urogenital. Selain itu, kelangkaan tisu toilet akibat pandemi virus corona telah menyebabkan meningkatnya minat terhadap Shower Bidet.

 

“Asal Mula Shower Bidet” : Diadaptasi dari tulisan di Wikipedia

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang Belanja
Scroll to Top