Persiapan Pasangan Keramik Dengan Mortar & Tile Grout

Persiapan Pasangan Keramik Dengan Mortar & Tile Grout

Persiapan Pasangan Keramik Dengan Mortar & Tile Grout

Pada pemasangan Ubin atau Keramik dengan material modern, hampir pasti akan menggunakan Mortar dan Tile Grout. Sahabat Indomaterial mungkin sudah pernah mendengar kedua jenis material campuran tersebut. Utamanya sahabat yang berkecimpung di bidang konstruksi tentunya sudah tidak asing dengan keduannya. Tetapi sebelum sahabat ingin melakukan Persiapan Pasangan Keramik dengan Mortar & Tile Grout, mungkin tulisan ini bisa menjadi referensi tambahan yang bermanfaat.

Apa Sih Mortar dan Tile Grout?
Mortar

Mortar adalah pasta yang bisa mengeras yang digunakan untuk mengikat blok bangunan seperti batu, bata, dan unit pasangan batako. Untuk mengisi dan menutup celah yang tidak teratur di antara material pasangan, serta menyebarkan beratnya secara merata. Selain itu terkadang untuk menambahkan warna atau pola dekoratif ke dinding pasangan bata.

Tile Grout

Tile Grout atau Nat adalah campuran untuk mengisi celah antar ubin atau keramik. Umumnya merupakan campuran air, semen dan pasir, dan digunakan dalam grouting bertekanan,  dan mengisi mengisi rongga. Penggunaan umum Tile Grout di rumah tangga atapun bangunan kantor dan hotel sering disertai warna. Nat yang dicampur dan pengaplikasian yang benar akan membentuk segel tahan air.

Meskipun demikian baik Tile Grout dan Mortar relatif sama dalam penampakannya yaitu dalam bentuk emulsi kental dan mengeras seiring waktu. Yang membedakan adalah Nat Grout memiliki viskositas yang rendah dan lebih sedikit kadar kapurnya daripada Mortar. Sehingga Nat akan lebih mudah mengalir ke celah, sementara mortar kuat menopang tidak hanya beratnya sendiri, tetapi juga batu bata yang di atasnya.

Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Menggunakan Tile Grout dan Mortar:

Bahan Ubin: Apakah itu batu, keramik, kaca atau logam? Jenis ubin yang berbeda memiliki jenis material Nat & Mortar yang berbeda.
Lokasi: Apakah area di dalam atau di luar, dinding atau lantai, basah atau kering? Catatan: Area terendam, seperti kolam dan air mancur, membutuhkan mortar khusus.
Meter Persegi: Berapa banyak yang perlu Sahabat beli untuk area pasangan Keramik?
Ukuran Ubin: Ubin yang lebih besar dan lebih berat membutuhkan jenis mortar khusus. Ubin mosaik yang ukurannya kecil cukup dengan perekat yang kurang kuat. Besar kecilnya ukuran ini penting untuk untuk menentukan Mortar yang Sahabat akan gunakan.

Selain itu menggunakan alat yang benar juga sangat penting untuk pemasangan Ubin / Keramik yang sukses.

Jenis Mortar

Jenis Mortar ada tersedia dalam bentuk siap pakai atau dalam bentuk bubuk. Bubuk yang campur dengan air atau aditif polimer. Aditif ini memberikan fleksibilitas tambahan untuk penggunaan di dalam atau di luar ruangan menambah daya rekat yang lebih baik. Ataupun Mortar dengan aplikasi tipis juga tersedia. Merupakan produk berbahan dasar semen yang bekerja dengan baik pada permukaan yang rata.

Ada juga jenis Mortar yang keringnya cepat dan jenis ini sebaiknya serahkan kepada profesional atau tukang yang ahli. Selalu baca spesifikasi produk untuk memastikan permukaan dan substrat mana yang dapat Anda gunakan untuk mengaplikasikan jenis mortar tertentu, dan jenis alat apa yang perlu.

Persiapan Pasangan Keramik Dengan Mortar & Tile Grout 02

Jenis Nat / Tile Grout

Seperti juga Mortar, Semen Nat juga tersedia dalam bentuk premix dan siap pakai atau dalam bentuk bubuk yang campur dengan air sesuai kebutuhan. Jika Anda menggunakan Nat bubuk, jangan gunakan terlalu banyak air saat mengaduk karena dapat melemahkan nat. Baca dan ikuti petunjuk produk dengan seksama.

Warna Nat

Sahabat dapat mengaplikasikan warna dengan memilih yang selaras dengan warna Ubin Keramik atau bahkan yang mencolok dari warna keramiknya. Pilihan tergantung selera dan arah desain interior Sahabat. Sandingkan Keramik dan Semen Nat secara berdampingan sehingga Sahabat dapat melihat tampilannya sebelum sebelum membelinya.

Pastikan Semen Nat warna kompatibel dengan Keramiknya. Bahan Ubin Keramik yang lebih berpori bisa menyerap pewarna dari Nat dari sampingnya. Sisi lain, warna terang sering kali lebih mudah menunjukkan noda kecuali bila rajin membersihkannya.

Mempersiapkan Area Yang Pemasangan Keramik / Ubin

Sebelum Sahabat mulai memasang Keramik, pastikan area yang sudah siap. Permukaan harus bersih, rata dan padat. Aplikasikan pembersihan, penambalan, perataan, dan panduan persiapan khusus dari produknya untuk memastikan daya rekat. Saat menerapkan Mortar dan Grout, selalu perhatikan juga waktu pengeringannya.

Demikian persiapan pasangan Keramik dengan Mortar & Tile Grout yang Sahabat bisa jadikan referensi tambahan untuk menghasilkan pasangan Keramik yang rapi, kuat dan awet. Untuk koleksi Semen Nat dan Mortar yang Sahabat perlukan, kepoin koleksi kami pada tautan ini.

 

“Persiapan Pasangan Keramik Dengan Mortar & Tile Grout” adalah adaptasi dari tulisan di Wikipedia & lowes.com

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang Belanja
Scroll to Top