Pilih Granit atu Keramik

Pilih Granit Atau Keramik?

Pilih Granit Atau Keramik? Pertanyaan yang mungkin pernah Sahabat Indo Material alami saat akan membuat rumah, merenovasi ataupun saat fase desain suatu rumah atau gedung kantor. Pada tulisan ini admin mencoba membantu sahabat menentukan pilihan dengan uraian yang mudah  Sahabat pahami.

Pengantar

Pada dasarnya Granit dan Keramik adalah pilihan penutup lantai yang tepat. Karakter keduanya kokoh, tahan lama, dan berkelas. Tidak ada yang secara signifikan satunya lebih baik dari yang lain. Jadi memilih di antara mereka adalah masalah prioritas pribadi Sahabat. Tetapkan anggaran untuk proyek sebelum Sahabat mulai melihat produk. Dengan begitu, Sahabat tidak memaksakan diri untuk membeli barang paling mahal yang ada di Showroom supermaket bangunan. Sahabat lebih mungkin akan fokus pada prioritas yang telah Sahabat petakan dengan sangat cermat di RAB.

Tampilan Granit dan Keramik

Hal yang paling khas dari Ubin Keramik adalah ketersediaan dalam berbagai warna, finishing, pola, motif dan gaya beserta variannya. Sedangkan Granit lebih terbatas. Dalam hal ini Granit ada dalam dua jenis. Yang pertama adalah Granit dari Batu Alam dan Granit Buatan (Homogeneous Tile). Namun kedua jenis tersebut mempunyai satu karakter yang sama yaitu warna dan coraknya adalah corak batu alam atau menyerupai batu alam (untuk yang buatan). Dengan warna yang bersifat alami, Sahabat mungkin akan kagum dengan berbagai warna, pola, dan bahkan ketidakteraturannya. Berkesan indah dengan apa adanya dan natural dari alam. Sementara itu ada juga Sahabat yang lebih suka tampilan Keramik harena tampilan yang lebih terkontrol dan lebih memungkinkan untuk ruang kreatifitas.

Keramik Glasir dan Tanpa Glazir

Setiap jenis ubin Keramik tersedia dengan glasir dan tanpa glasir. Sederhananya keramik yang mengkilap adalah dengan glazir. Memiliki tampilan mengkilap seperti polesan, Type Keramik ini sering juga mendapat sebutan Glossy. Sedangkan Keramik tanpa glasir tampak lebih alami dan tidak mengkilat. Produsen menyebut Keramik ini dengan finishing Matte atau Doff. Jadi sebelum sahabat membeli Keramik lihatlah contoh setiap jenis ubin dan pilih beberapa opsi yang bisa terbayangkan nuansanya bila terpasang di rumah/bangunan Sahabat.

Pemeliharaan Keramik vs Granit

Lantai ubin Keramik maupun Granit membutuhkan lebih banyak perawatan daripada karpet atau vinil, jadi pertimbangkan seberapa bersedia Sahabat meluangkan waktu untuk membersihkannya. Granit adalah salah satu bahan lantai paling keras dan paling tahan lama yang tersedia, membuatnya lebih kecil kemungkinannya untuk retak atau pecah daripada Keramik. Selain itu bobot Granit juga lebih berat.

Noda

Granit lebih berpori daripada keramik, sehingga cenderung lebih mudah menyimpan noda. Namun ada pula pendapat lain yang menyatakan secara teknis granit dapat ternoda tetapi tidak terlalu umum. Dan bahkan lebih kecil kemungkinannya. Jadi bila Shabat memutuskan menggunakan Granit, rencanakan untuk menutup lantai granit Sahabat untuk melindunginya secara berkala dan melakukan perawatan setiap beberapa tahun sekali. Secara keseluruhan, granit dapat dianggap membutuhkan perawatan yang lebih teratur daripada keramik. Tetapi ubin Keramik mungkin tidak bertahan selama Granit, terutama jika kita sering menumpahkan cairan seperti kopi, cat atau cairan berwarna lainnya diatasnya.

Harga Keramik dan Granit

Salah satu faktor penentu pilihan utama antara ubin lantai Granit dan Keramik biasanya biaya. Granit bisa jauh lebih mahal, tetapi harga setiap bahan sangat bervariasi. Sehingga Sahabat tetap punya pilihan dalam kisaran bajet yang telah ditetapkan. Namun untuk Granit berkualitas baik tetap akan jauh lebih mahal daripada keramik berkualitas baik. Ada banyak variabilitas biaya antara dua bahan tergantung pada ukuran, kualitas, pabrikan dan fitur lainnya. Tinjau opsi yang Sahabat pilih sebelumnya dan pertimbangkan mana yang paling sesuai dengan kisaran bajet. Jika keinginan Sahabat tetap tertuju pada Granit tetapi Anda tidak cukup dana untuk memasang di area yang luas. Pertimbangkan untuk menggunakannya di area kecil saja seperti pintu masuk atau kamar mandi tamu.

Pemasangan Ubin dan Granit

Selain hal-hal yang terkait dana yang admin sebutkan sebelumnya, ingat untuk mempertimbangkan ongkos pemasangannya. Granit lebih mahal untuk dipasang daripada Keramik, terutama karena pemasangannya lebih sulit. Dengan sedikit berusaha, Keramik masih masih bisa dikerjakan dikerjakan sendiri daripada Granit. Karena Sahabat memerlukan alat khusus untuk memotong Granit karena batunya sangat keras. Tetapi kedua bahan tersebut tetap memerlukan alat pemotong khusus. Alat yang dirancang agar bahan tersebut dapat terpotong dengan sukses dan rapi.

 

“Pilih Granit atau Keramik”, adaptasi dari tulisan di homeguides[dot]sfgate[dot]com dan sumber lain.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang Belanja
Scroll to Top