Penyebab Lantai Keramik Meledak

Penyebab Lantai Keramik Meledak

Penyebab Lantai Keramik Meledak. Sahabat Indo Material mungkin pernah mendengar kata “Keramik Meledak”. Keaadaan dimana keramik lantai suatu ruangan atau bangunan pecah mendadak dan menimbulkan suara ledakan yang cukup keras. Mimin sendiri serig menemui bahkan mendengarkan saat ledakan keramik terjadi.  Sebenarnya Tile Popping ini merupakan masalah yang sangat umum dialami oleh masyarakat Indonesia. Meski demikian, hal ini cukup menyebalkan karena jelas akan merusak keindahan rumah bila tak segera diperbaiki/diganti.

Aftermath

Kondisi keramik yang pecah dan lepas karena ledakan, suka tidak suka tentunya sebaiknya mendapat perbaikan. Beberapa minus yang akan muncul bila tidak segera mendapat perbaikan antara lain :

  • Merusak estetika ruangan atau rumah karena ada bagian lantai tak tertutupi keramik.
  • Resiko keramik lain di lantai yang sama akan meledak juga di kemudian hari
  • Sisa pecahan keramik yang masih menempel bisa melukai kaki ataupun berbahaya buat anak balita yang bermain di lantai
Ekstra Biaya

Kerusakan yang penutup lantai akibat Tile Popping tersebut hanya bisa teratasi dengan perbaikan parsial atau mengganti keseluruhan.

  • Perbaikan parsial adalah perbaikan hanya pada bagian keramik yang pecah atau lepas. Bagian tersebut di ganti dengan keramik baru atau yang masih utuh sehingga semua bagian tertutupi sempurna.
  • Penggantian keseluruhan adalah perbaikan yang terpaksa harus di lakukan karena type keramik yang meledak tidak bisa ada lagi. Bisa karena kita tidak memilik cadangannya atau karena typenya sudah tidak ada di pasaran.

Kedua jenis perbaikan tersebut membutuhkan pengeluaran biaya tak terduga. Bahkan extra biaya bila melakukan penggantian secara keseluruhan.

Penyebab

Menurut mimin, pada dasarnya faktor Penyebab Lantai Keramik Meledak ada dua. Yang pertama faktor bencana alam khusunya Gempa dan yang kedua adalah Pemuaian. Namun demikian kedua faktor penyebab tadi mimin elaborasi dalam penjelasan berikut :

Perubahan Suhu Drastis.

Lantai bisa perlahan pecah karena pemuaian dari lapisan bawah keramik karena mengalami muai. Ini bisa terjadi apabila suhu dalam ruangan meningkat drastis. Hal ini bisa terjadi pada daerah dengan suhu panas.

Air Genangan Yang Mengering

Semen perekat bawah keramik bisa lepas akibat adanya rendaman air hujan atau genangan banjir. Selanjutnya seiring waktu mengering elemen mortar perekat mengalami pemuaian yang memicu keramik atasnya terjepit atau tertarik.

Pemasangan Awal Kurang Teliti

Pemasangan yang tepat & teliti diawal amatlah penting. Jika terdapat rongga pada celah pengisi nat, air dapat masuk ke bawah permukaan keramik dan memperbesar kemungkinan pemuaian lapisan bawah keramik yang membuat lantai terangkat.

Jarak Nat Yang Kurang Tepat

Penyebab berikutnya ialah nat keramik atau jarak antar keramik yang kurang tepat. Bila terlalu rapat, tidak ada ruang bagi ubin untuk saling memuai dan menyusut. Hal ini akan menyebabkan tekanan antar keramik dan potensi terjadi popping.

Gempa

Penyebab yang murni karena faktor bencana alam, yaitu adanya gempa bumi yang menyebabkan komponen struktur di sekitar keramik bergeser hingga menyebabkan keramik saling menekan dan meledak.

Pada kesempatan berbeda mimin akan menjelaskan cara-cara untuk menghindari atau antisipasi dari keramik meledak. Salam.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang Belanja
Scroll to Top