Mengenal Bahan Triplek Sengon

Mengenal Bahan Triplek Sengon

Mengenal Bahan Triplek Sengon. Sebagai salah satu bahan kayu lapis yang populer , kayu Sengon dengan nama latin Albizia Chinensis juga disebut sebagai kayu Albesia. Jenis kayu ini berasal dari pohon Sengon yang biasanya memang tumbuh dan tersebar di daerah Asia Tenggara, India, dan China. Pohon ini memiliki julukan lain di daerah Jawa Barat, yang biasa disebut jeungjing oleh masyarakat disana. Pohon ini termasuk dalam jenis famili fabaceae yang merupakan jenis pohon penghasil kayu yang banyak dijumpainya di Indonesia. Pada umumnya pohon sengon berfungsi sebagai pohon penghasil kayu, reboisasi, dan tanaman hias.

Ciri-ciri

Pohon Sengon atau Albesia bisa berukuran sedang hingga tinggi. Dari permukaan tanah sampai ujung tertinggi mencapai 30–45 m. Diameter batangnya bisa mencapai 70–140 cm. Ranting agak halus, dengan permukaan luarnya berwarna abu-abu gelap. Daun-daun majemuk menyirip berganda, dengan 4–14 pasang sirip; tulang daun utama 10–25 cm, berambut, dengan kelenjar dekat pangkal tangkai daun dan pada pertemuan tulang sirip. Bunga majemuk berbentuk bongkol yang bertangkai, yang terkumpul lagi menjadi malai yang panjangnya 15–30 cm.

Ekologi

Sengon ada secara alami di hutan luruh daun campuran di wilayah lembab dan ugahari, dengan curah hujan antara 1.000–5.000 mm pertahun. Pohon ini ada pula di hutan-hutan sekunder, di sepanjang tepian sungai, dan di sabana, hingga ketinggian 1.800 m dpl. Sengon beradaptasi dengan baik pada tanah-tanah miskin, ber-pH tinggi, atau yang mengandung garam; juga tumbuh baik di tanah aluvial lateritik dan tanah berpasir bekas tambang.

Namun setelah paparan diatas, ada beberapa hal menarik tentang pohon Sengon dari sisi tanaman secara utuh. Hal menarik yang mimin maksud adalah:

Merupakan Jenis Tanaman Pepohonan Yang Kayunya Banyak Peminat

Masyarakat menggunakan kayu dari Batang pohon Sengon untuk berbagai keperluan, seperti dalam pembangunan konstruksi ringan, material pembuatan meja dan kursi, dan lain-lain. Kayu ini cukup banyak peminat dari masyarakat karena mudah mencari serta memiliki harga yang terbilang terjangkau.

Memiliki Buah Yang Dapat Dikonsumsi

Sebagian orang belum mengetahui jika pohon ini memiliki buah yang aman untuk dimakan. Buah pohon sengon berbentuk lonjong dan pipih dengan panjang kurang lebih sekitar 10 cm dan memiliki warna hijau. Buah pohon sengon yang sudah terolah biasanya jadi cemilan yang baik untuk kesehatan. Biasanya masyarakat menyebutnya kacang sengon, yang menurut masyarakat dapat mengobati penyakit kolesterol, tekanan darah tinggi, asam urat, dan perut Kembung.

Daun Yang Kaya akan Protein

daun pohon sengon sangat baik untuk dijadikan sebagai pakan ternak karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau akan tumbuh sehat dengan rutin mengkonsumsi daun dari tanaman sengon.

Memiliki Akar Pengikat Nitrogen Yang Dapat Menyuburkan Tanah Sekitarnya

Akar pohon sengon mengandung banyak nodul akar yang bermanfaat membantu porositas tanah dan penyediaan kandungan nitrogen pada tanah sekitarnya. Dengan begitu tanah dengan pohon sengon sebagai tanamannya akan berubah menjadi lebih subur.

Kayu Sengon Memiliki Nilai Pasar Yang Bagus

Permintaan terhadap pasokan kayu dari pohon sengon kian meningkat, banyak orang yang menggunakan bahan kayu sengon sebagai material furniture dan perabotan di rumah mereka. Ini akan menjadi pasar yang sangat bagus untuk mulai membudidayakan pohon sengon sebagai investasi jangka pendek karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memanen kayu dari pohon tersebut.

Proses Pertumbuhan yang Cepat

Pohon sengon merupakan jenis tanaman dengan pertumbuhan lebih cepat daripada tanaman lainnya. Itu karena pohon sengon dapat tumbuh mencapai ketinggian 7 meter hanya dalam kurun waktu sekitar satu tahun saja. Pohon ini dapat tumbuh dengan ketinggian maksimal sekitar 40 meter dan dengan diameter batang kurang lebih sekitar 100 cm. Tidak heran jika masyarakat banyak membudidayakan pohon ini untuk menjadi sumber penghasilan tambahan, karena pertumbuhannya yang begitu cepat dan tingginya minat pasar.

Kualitas Kayu Yang Relatif Bagus

Jenis kayu dengan kualitas unggul biasanya bersumber dari jenis pohon dengan sebutan ‘sengon laut’ (Paraserianthes falcataria) dan sengon putih. Jenis sengon tersebut mudah untuk mudah untuk menggergajinya dan bisa kering dengan cepat sehingga lebih mudah untuk gunakan sebagai bahan material furniture dan konstruksi ringan.

Kesimpulan

Dari rangkuman mimin di atas kita bisa simpulkan bahwa Sengon secara Kayu maupun pohon utuh memiliki banyak manfaat. Mulai dari bahan dasar industri olahan kayu sampai makanan ternak dan menyuburkan tanah. Dengan tanaman Sengon yang merupakan salah satu tanaman khas Indonesia dan Asia Tenggara, maka kedepan, mimin prediksi akan semakin banyak aplikasinya dalam barang jadi maupun semi jadi dari industri kayu. Apakah Sahabat Indo Material berminat menanam di lahannya? 🙂

 

Mengenal Bahan Triplek Sengon, adalah tulisan dengan tambahan referensi beberapa sumber seperti Perhutani.co.id & courtina.id

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang Belanja
Scroll to Top