Apa Saja Kelengkapan Cor

Apa Saja Kelengkapan Cor

Apa Saja Kelengkapan Cor. Pada suatu pekerjaan membangun baik rumah maupun gedung, pengecoran beton adalah salah satu pekerjaan utamanya. Di tulisan ini mimin akan fokus pada pengecoran rumah tinggal dua sampai tiga lantai dengan penjelasan kelengkapan dasarnya.

Swakelola

Pada pengerjaan rumah yang besifat swakelola atau dikerjakan sendiri, perlengkapan cor beton bisa sangat Basic. Namun bila Sahabat Indo Material juga berharap kualitas bisa terjaga maka kelengkapan yang mendukung juga harus disiapkan.  Kelengkapan atau alat atau perlengkapan cor betonnya akan admin kelompokkan sebagai berikut:

Mixer / Alat Pencampur Adonan Beton
  • Mesin Molen. Sebutan dalam bahasa Inggris adalah Concrete Mixer atau Cement Roller, alat ini adalah salah satu komponen utama. Dengan ukuran yang lebih kecil dari kendaraan roda empat, mesin molen bisa berpindah-pindah ke posisi dekat area pengecoran ataupun diangkut mobil pick up ke lokasi lain.
  • Truck Molen. Truck Molen adalah truck yang khusus menyatu dengan tabung molen atau roller pengaduk berskala besar. Truck berfungsi membawa campuran beton basah dalam molen ke lokasi proyek. Kendaraan readymix ini akan selalu memutar molen saat perjalanan menuju dan sampai proyek. Perusahaan beton Readymix menggunakan truck type ini untuk mengantar pesanan campuran beton pesanan customer.
Pengangkut Adonan Beton
  • Ember Plastik. Ember plastik atau ember cor adalah alat jinjing untuk pengangkut campuran beton basah dari area mesin molen ke area bekisting cor. Ember biasanya berukuran volume 1 galon atau kisaran 4,5 kg.
  • Concrete Pump. Alat yang berarti Pompa Beton ini adalah berfungsi memompa adonan beton basah ke area cor begisting. Sahabat membutuhkan Concrete Pump apabila lokasi cor terlalu tinggi dan kurang tenaga kerja untuk mengangkut adonan menggunakan ember plastik. Pompa beton bisa berupa truck yang membawa sistem pipa pompa yang panjang berlipat. Dan bisa berupa pompa beton portable dengan dimensi besar hampir sama dengan mesin molen.
Alat Pemadatan
  • Vibrator. Sesaat setelah proses penuangan adonan beton, hal pertama yang harus adalah memadatkannya dengan alat penggetar yang bernama Vibrator. Masukan alat ini akan ke sela-sela besi tulangan untuk menggetarkan seluruh tulangan sekitar yang saling terkait. Harapannya adalah, getaran akan membawa seluruh adonan masuk sempurna secara padat sampai di sela-sela besi baja.
Trowel / Alat Perataan
  • Trowel Genggam. Genggam karena alat ini mempunya tangkai pegangan seperti sendok semen dan ukuran tidak terlalu besar yaitu sekitar 30 cm. Tergantung fungsi dan desain struktur, maka Sahabat akan tahu perlu tidaknya menggunakan trowel genggam.
  • Concrete Trowel Machine. Trowel bertenaga mesin dan memiliki pegangan serupa tangkai pemotong rumput. Mesin perata cor beton ini berguna untuk meratakan adonan beton pada struktur dek beton yang cukup luas. Ataupun untuk dak beton ekspos.
Alat Test Campuran Beton
  • Slump. Merupakan alat pengujian kekentalan adonan beton agar beton yang produksi dapat mencapai kekuatan mutu beton yang baik. Fungsi lain dari uji slump beton adalah agar beton jadi akan sesuai dengan rencana kerja dari sebuah bangunan. Namun untuk proyek rumah tinggal penggunaan ini menurut admin bersifat opsional sepanjang komposisi campuran beton sudah mengikuti peraturan yang ada.
Kesimpulan

Dari deretan alat kelengkapan yang admin paparkan di atas, Sahabat Indo Material bisa memilah dan memilih mana yang perlu. Pada pengerjaan pembangunan rumah tinggal dua lantai skala kecil dan sedang, penggunaan alat bisa sangat fleksibel dan sesuai dengan anggaran Sahabat. Salam

 

Apa Saja Kelengkapan Cor, ditulis oleh admin indomaterial.com berdasar literasi Teknik Sipil & pengalaman narasumber

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang Belanja
Scroll to Top