Ingin Semen Kalian Awet dan Tidak Mengeras ? Yuk, Merapat!

 

Hi, Indolovers! Apakah ada dari kalian yang sedang membangun rumah , perkantoran atau penginapan ? jika iya, kalian perlu membaca artikel berikut ini sampai selesai karena ada beberapa saran -saran yang bisa kalian jadikan bahan refrensi untuk membuat semen menjadi awet dan tidak mengeras.

Semen merupakan bahan material penting ( utama ) didalam pembangunan dan kontruksi, biasanya bahan campuran semen meliputi pasir dan air. Semen sering digunakan untuk membuat kerangka, pondasi, cor beton, dinding, lantai, dan lain-lainnya.

Seringkali pasti dari kalian masih ada yang salah dalam menyimpan semen sehingga, itu membuat semen cepat menjadi rusak dan mengeras. Agar semen bisa menjadi awet dan tidak mengeras kalian bisa mengikuti beberapa saran berikut ini ;

 

Menyimpan semen diruangan tertutup

Kalian harus memperhatikan dengan benar dan baik untuk cara penyimpanan semen agar masa semen bisa lebih awet dan tidak mengeras. Disini kalian, bisa menyimpan semen dalam ruangan tertutup agar terhindar dari hujan dan terik matahari. Jika tidak bisa menyimpan dalam ruangan tertutup, kalian bisa meletakkan semen dibawah tempat teduh dan pastikan terhindar dari hujan ,terik matahari dan jangan lupa untuk memberikan alas terpal pada bagian bawah semen agar tidak bersentuhan langsung dengan lantai.

Menumpuk semen secara bersilang

Jika kalian akan menyimpan semen dalam jumlah banyak, susunlah secara bersilang seperti dalam penyusunan batu bata. Dimana lapisan dasar atau lapisan awal disusun sejajar dan lapisan berikutnya disusun dengan arah sebaliknya, agar susunan semen tidak mudah terjatuh nantinya.

Berikan ruang untuk sirkulasi udara

Pastikan ruangan penyimpanan semen kalian memiliki sirkulasi udara yang baik ya, Indolovers! Sehingga, kalian perlu memperhatikan juga pada saat penyusunan sak semen agar tidak terlalu rapat karena kondisi rapat akan menyebabkan udara terjebak dalam sak semen dan dikhawatirkan membuat tingkat kelembapan dalam sak semen meningkat.

Jaga kebersihan ruangan penyimpanan

Kebersihan menjadi bagian penting didalam membuat semen berumur lebih lama dan tidak mengeras, karena secara tidak langsung jika ruangan penyimpanan selalu terjaga kebersihannya maka kualitas daripada semen tersebut akan baik juga.

Pakailah semen yang disimpan pertama kali

Apakah kalian sudah pernah mendengar metoda first in first out dalam penyimpan , dimana metode ini memiliki maksud agar masa kadaluarsa semen tidak terlewatkan dan tidak ada semen yang mengeras ? jika iya, kalian menata sak semen dari urutan yang pertama kali tiba dan jangan lupa untuk menatanya ditempat yang mudah dijangkau ya, Indolovers!.

Bagaimana saran-saran dari kami diatas ? semoga dapat bermanfaat dan memberikan ilmu baru ya untuk kalian semua. Selamat mencoba , Indolovers!

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :

https://www.detik.com/properti/tips-dan-panduan/d-7446405/bagaimana-agar-semen-tidak-mengeras-simpan-dengan-7-cara-ini

https://semenmerahputih.com/5-Cara-Menyimpan-Semen-Agar-Awet-Dan-Tidak-Mudah-Rusak-42

Picture By Admin Super

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top